10 Logo Perusahaan dengan Biaya Pembuatan yang Super Mahal



Walaupun terlihat sederhana, namun logo-logo berikut membutuhkan biaya yang sangat tinggi. Bahkan ada yang sampai triliunan rupiah. Bukan hanya untuk riset dan pembuatan, biaya tersebut juga digunakan untuk rebranding campaign, alias promosi dan upaya pengenalan logo baru tersebut kepada masyarakat luas. Berikut daftarnya.

Pertamina


Tahun 2005 lalu, perusahaan minyak dari Indonesia, Pertamina menghabiskan 2,5 miliar rupiah untuk pembuatan logo barunya loh! Logo berbentuk huruf "P" dengan tiga warna ini merupakan langkah Pertamina untuk menjadi perusahaan yang lebih modern dan elegan.

Kota Melbourne


Melbourne merupakan ibu kota negara bagian Victoria di Australia. Logo ini dibuat pada tahun 2009 oleh Landor Associates dengan biaya 625.000 US$ atau sekitar 8,8 miliar rupiah.

London Olympics 2012


Jauh sebelum Olimpiade London dilaksanakan pada tahun 2012, logonya sudah dipersiapkan sejak tahun 2007 oleh perusahaan konsultan Wolff Olins. Logo ini menuai banyak kritik karena terkesan aneh dan tidak profesional. Tapi biaya pembuatannya sangat besar, yaitu 625.000 US$ atau sekitar 8,8 miliar rupiah.

Pepsi Cola


Pada tahun 2008, Pepsi mengubah logo lamanya menjadi logo baru yang kita kenal sekarang. Pembuatan dan rebranding logo baru Pepsi ini menelan biaya 1.000.000 US$ atau sekitar 14 miliar rupiah, loh!

BBC


Logo BBC ini dibuat pada tahun 1997 dan masih digunakan hingga sekarang. Logo ini merupakan logo kelima yang dimiliki BBC. Walaupun terlihat sederhana sekali, pembuatan logo ini memakan biaya 1.800.000 US$ atau sekitar 25 miliar rupiah.

ANZ


Australian and New Zealand Banking Group membutuhkan dua tahun, tepatnya sejak 2010 hingga 2012 untuk membuat logo barunya. Serta biaya yang sangat besar, hingga 15.000.000 US$ atau sekitar 211 miliar rupiah.

Posten Norge


Posten Norge adalah perusahaan pos alias surat menyurat dari Norwegia. Biaya pembuatan logo barunya mencapai 55.000.000 US$ atau sekitar 774 miliar rupiah.

Accenture


Accenture adalah singkatan dari "accent on the future" yang merupakan perusahaan teknologi dan konsultan multinasional. Untuk membuat logo yang sangat sederhana ini, perusahaan menghabiskan biaya 100.000.000 US$ atau sekitar 1.4 triliun rupiah.

British Petroleum


Perusahaan minyak asal Inggris ini menghabiskan 211.000.000 US$ atau sekitar 2,9 triliun rupiah untuk membuat logo hijau dengan tulisan "bp" tersebut.

Symantec


Inilah biaya pembuatan logo paling spektakuler yang pernah ada. Symantec menghabiskan 1.280.000.000 US$ atau sekitar 18 triliun rupiah untuk membuat logo mereka saat ini.
Bukan main, kan biaya pembuatan logo di atas? Biaya sebesar itu bukan hanya untuk mendesain logo, tetapi untuk rebranding campaign alias memperkenalkan logo baru mereka kepada masyarakat. Makanya, kalau kamu punya minat di bidang desain, ternyata sangat menjanjikan loh. Kalau kamu punya info lain, silakan tulis pada kolom comment di bawah ini ya!
Sumber: Simplio web studio

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »