5 Cara Membangkitkan Kreatifitas

5 Cara Membangkitkan Kreatifitas

ftrdsas

Heiho! Huwala huwala humbaba!
apakabar sob? Sebelumnya artikel ini udah pernah dipublish di microsite samsung Commenity dan gue ikutan jadi kontributor di site nya! Nah kali ini gue share lagi di web terhuwala sepanjang masa ini.

Dalam artikel kali ini gue bakal bahas hal-hal yang sangat penting banget.
Gue mau bahas hubungan antara bursa saham dan kenaikan harga gorengan. Eng… enggak deng, gak sesuai judul sob.


Sesuai judul di atas gue bakal bahas 5 Cara membangkitkan Kreatifitas . 
Cara-cara ini gue dapetin dari babeh gue. Silahkan disimak sob!

1. CARI IDE

Mencari ide adalah hal pertama yang harus loe lakuin. Banyak orang yang ingin berkarya tapi sibuk nungguin ide. Ide itu dicari bukan ditunggu.

Cara mudah mencari ide adalah dengan menggali kegelisahan. Alexander graham bell menemukan telepon karena kegelisahan dalam dirinya adalah “bagaimana caranya manusia bisa bicara dengan jarak yang jauh?”.

Dari kegelisahan kita butuh solusi, nah rangkaian proses mencari solusi itulah yang disebut proses kreatif.

Bisa juga kegelisahan itu menjadi bahan untuk dibagikan. Misalnya komikus gue gelisah soal harga BBM yang naik, lalu akhirnya doi bikin komik tentang gue yang menyikapi kenaikan harga BBM.




1_rev_940x768


Beberapa orang punya tempat favorit buat nemuin ide. Menurut survei kecil-kecilan gue, tempat yangpaling sering mudah mendatangkan ide adalah di toilet ama di motor
Mungkin karena saat boker dan saat nyetir kita fokus, fokus ngeden ama fokus ke jalan, makanya ide mudah digali.


1 


Toilet yang kurang baik buat nyari ide itu toilet mall. Soalnya biasanya ada musiknya, memecah konsentrasi.

Gue pernah boker di mall terus diputerin lagu we are the champion, boker gue jadi semangat, eek gue jadi kemana-mana.



2. CARI TAHU


tahu
bukan, bukan tahu yang kayak gini…

Google jangan cuma buat cari bahan tugas terus copy paste doang sob. cari tahu segala hal di sana.

Kalau ada masalah segera buka google. Jangan tanya ke orang sebelum google. Biasanya dari situ akan terus muncul pertanyaan.


Kalau tanya ke orang mungkin kita bakal langsung tahu jawabannya, tapi dengan google mungkin kita akan tersesat kemana-mana pas nyari jawabannya.

Tapi dari situ kita bakal banyak dapat pengetahuan dan inspirasi baru yang mungkin awalnya kita pikir gak perlu tapi suatu saat saat kita butuhkan.


Gue sangat menerapkan teori ini. Gue sering tahu di google. Ya seperti ini :


2


Intinya, mari perluas wawasan kita! Bukan, bukan Wawan anak pak Hasan…


3. SEGERA MULAI

Banyak orang yang punya ide tapi gak berani memulai. Takut salah, takut ide udah dipakai orang lain, takut inilah, takut itulah. Pokoknya banyak alasan.

Padahal kita gak pernah tahu akan seperti apa karya kita kalau belum memulai. Kesalahan mungkin ada, tapi justru dari kesalahan kita bisa belajar banyak hal sob, lalu kita bisa perbaiki untuk pekerjaan berikutnya.

Jangan takut gak selesai, soalnya pecundang itu bukan yang gagal, tapi yang gak berani nyoba.


3


4. NIKMATI

Sesuatu akan berjalan baik kalau kita senang mengerjakannya. Dalam proses kreatif mungkin kita banya|dapat tantangan. Tapi gak papa, itu proses belajar. Jangan banyak ngeluh. Ngeluh gak nyelesain masalah.

Gue suka menikmati saat ngerjain tugas . Tugasnya gue tinggalin menikmati mie


4


5. KETERBATASAN BUKAN HALANGAN

Banyak orang yang gak berkarya karena alasan keterbatasan. Gak punya inilah, gak punya itulah.

Seharusnya, Semakin kita mampu memanfaatkan keterbatasan maka semakin kreatif kita.


Keterbatasan bukan halangan, tapi alasan untuk membuktikan kreatifitas kita sob.


Gue mengaplikasikan pesan ini dengan sangat baik.
Saat kondisi keuangan gue terbatas, gue kreatif pura-pura ngajak temen ngerjain tugas bareng di rumahnya. Sengaja kemaleman biar ditawarin makan.



5


Nah itu tadi 5 cara memacu kreatifitas yang gue dapat dari babeh gue dulu. Semoga bermanfaat.

Tetap kreatif dan #beranibeda!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »