Inilah 7 Tanda Kalau Komputer Kamu Sudah Terserang Virus

Jika kamu seorang pengguna komputer, Cepat atau lambat kamu akan mengetahui tentang apa itu virus komputer. Secara teori, Virus komputer adalah suatu program yang sudah dirancang untuk memanipulasi sistem berdasarkan perintah yang telah dibuat sebelumnya.
Nah, masalahnya tidak semua orang tahu cara penanganan dari virus, terlebih lagi, ada yang tidak tahu kalau komputer mereka sudah terserang oleh virus.
Berikut adalah 7 Tanda-tanda kalau komputer kamu sudah terserang virus.

1. Komputer Terasa Berjalan Lambat


Jika awalnya komputer kamu berjalan normal dan terbilang cepat dalam mengerjakan tugas, Namun ketika kamu merasa komputer kamu tiba-tiba berjalan lambat setelah kamu melakukan sesuatu seperti mendownload file atau mencolokan flashdisk.
Bisa jadi komputer kamu sudah terserang oleh virus, Karena salah satu karakteristik virus adalah menurunkan kinerja sistem karena ada jenis virus yang memakan resource besar seperti di processor.

2. Komputer Restart dan Crash Secara Tiba-tiba


Ketika kamu sedang mengoperasikan komputer dan pada saat itu juga komputer kamu tiba-tiba crash, hang atau bahkan restart dengan sendirinya, Bisa dipastikan kalau Komputer kamu sudah terserang oleh virus.

3. Folder dan File Tiba-tiba Hilang atau Malah Jadi Banyak


Biasanya jika kamu menemukan hal seperti itu, Virus yang menyerang bernama Win32.Ramnits, ini adalah virus legenda yang dari dulu dikenal sering menyerang Flashdisk di warnet-warnet.

4. Aplikasi yang Diklik Tidak Mau Terbuka / Respon


Ketika sebuah komputer tidak berjalan seperti biasanya, sebut saja ketika kamu ingin membuka Google Chrome dengan meng-klik Ikon di Desktop, namun setelah beberapa lama tidak ada reaksi apa-apa, bisa jadi virus sudah menyusup ke dalam sistem untuk merusak beberapa komponen penting dari Aplikasi tersebut.

5. Munculnya Peringatan-peringatan Aneh


Biasanya peringatan ini akan muncul setelah komputer kamu baru terserang virus, peringatan yang muncul bisa berupa pemberitahuan dari antivirus atau bahkan langsung dari virusnya sendiri.

6. Tidak Bisa Membaca atau Membuka Flashdisk


Sebenarnya kalau ini ada dua kemungkinan, antara komputer kamu sudah ada virusnya atau memang flashdisk itu yang menyebarkan virus. Dengan begitu, Flashdisk tidak akan terbaca karena ulah dari virus itu sendiri.

7. Tidak Bisa Melakukan Print


Salah satu keunikan Virus adalah merusak suatu hal yang tidak pernah kita duga. Siapa sangka bahwa salah satu penyebab tidak bisa melakukan print adalah karena adanya virus di komputer kamu, kemungkinan besar virus menyerang pada bagian Driver yang dimana itu terletak sama pada komposisi sistem Windows kamu.

Kesimpulan

Sampai saat ini, belum ada cara untuk menghentikan penyebaran virus di dunia komputer. Yang bisa kita lakukan sekarang hanyalah mencegah agar virus tidak menyerang komputer kita dengan menggunakan Antivirus.
Pastikan komputer kamu menggunakan Antivirus yang terpercaya, dan yang terpenting adalah selalu memiliki database virus terbaru, sekarang sudah banyak antivirus gratis yang bagus, seperti Avast!, AVG, Avira, dll.

Sumber: Jalantikus

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »