20 Foto Pertama yang Paling Bersejarah di Dunia

 

Semua yang diciptakan oleh manusia pasti ada awalnya. Tentu saja itu juga berlaku untuk teknologi. Berikut ini akan kami sajikan khusus untuk kamu, 20 foto pertama yang paling bersejarah di dunia. Melalui tema yang spesial ini, akan dibagi ke dua bagian terpisah, masing-masing berisi 10 foto dengan penjelasan lengkap mengenai sejarah dari foto tersebut. Ayo kita mulai part 1 dari 20 Foto Pertama Paling Bersejarah di Dunia.

Foto Pertama di Dunia

foto pertama bersejarah 1

Foto di atas merupakan foto yang paling pertama kali diabadikan oleh seseorang. Foto tersebut diambil pada tahun 1826 oleh Joseph Nicephore Niepce di daerah Burgundy, Perancis. Foto ini mengabadikan suasana lingkungan dari atas rumah milik Niepce melalui sebuah jendela dan ia diambil dengan proses yang dinamakan heliografi.

Foto Berwarna Pertama

foto pertama bersejarah 21

Jika foto hitam putih sudah ada dari tahun 1826, maka foto berwarna juga hadir sebelum era tahun 1900 lho, tepatnya pada tahun 1861. Foto tersebut diciptkana oleh seorang fisikawan bernama James Clerk Maxwell. Foto di atas adalah hasil karya beliau dan menjadi foto berwarna yang sangat bersejarah.

Foto Peluncuran Cape Canaveral Pertama

foto pertama bersejarah 3

Setelah perang dunia II, masing-masing negara pemenang perang menjadi semakin maju dan mulai berlomba-lomba untuk menemukan teknologi yang terbaik. Peluncuran roket di tahun 1950 bernama Bumper 2 ini adalah salah satunya. Roket ini merupakan roket dua tahap yang memiliki dasar dari misil V-2 milik Jerman.

Foto Digital Pertama

foto pertama bersejarah 4

Foto digital pertaa pertama kali diabadikan pada tahun 1957, bahkan sebelum teknisi Kodak menemukan karema digital pertama. Foto di atas diambil dari adega film dan memiliki resolusi awal 176 x 176.

Foto Pertama yang Mengabadikan Manusia

foto pertama bersejarah 5

Pada zaman dahulu, kamera belum dapat mengcapture gambar secepat sekarang. Itulah yang menyebabkan ia sulit sekali mengabadikan benda bergerak, termasuk manusia. Bayangkan saja, foto di atas saja diambil dalam waktu 7 menit, dan hampir semua orang yang melintas tidak sempat untuk ditangkap ke dalam bingkai. Akhirnya satu orang berhasil tertangkap di sebelah kiri bawah foto, saat ia sedang menyemir sepatunya. Kemudian hari, ditemukan orang lagi yang tertangkap kamera di foto tersebut. Bisakah kamu menebaknya?

Foto Selfie Pertama

foto pertama bersejarah 6

Sebelum foto selfie menjadi saah satu kegiatan paling populer, pria bernama Robert Corneliuslah yang pertama kali melakukannya. Ia mengambil gambar di atas pada tahun 1839 di Chestnut Street, Center City, Philadelphia.

Foto Hoax Pertama

foto pertama bersejarah 7

Foto hoax yang paling pertama rupanya muncul pada tahun 1840. Foto di atas dibuat oleh salah satu bapak fotografi yaitu Hyppolyte Bayard. Ia menciptakan foto tersebut dengan dirinya sebagai model, yang berpura-pura menjadi mayat. Foto di atas juga diklaim sebagai foto manipulasi pertama karena ia berusaha untuk membuat hitam tangan dan muka secara artifisial.

Foto Udara Pertama

foto pertama bersejarah 8

Foto yang diambil dari udara pertama kali dilakukan oleh James Wallace Black, di atas kota Boston pada tahun 1860. Ia mengambil gambar tersebut dari ketinggian 2000 kaki di atas permukaan tanah dan menamakan foto tersebut dengan judul “Boston, as the Eagle and the Wild Goose See It”.

Foto Matahari Pertama

foto pertama bersejarah 9

Foto yang menggunakan matahari sebagai objeknya memang tidak banyak ya. Ini dia foto pertama yang mengambil bintang terdekat dengan bumi tersebut dan diabadikan oleh fisikawan Perancis yaitu Louis Fizeau dan Leon Foucault pada 2 April 1845. Mereka menggunakan proses Daguerreotype pada prosesnya dan berhasil mengabadikan gambar dalam 1/60 detik.

Foto Luar Angkasa Pertama

foto pertama bersejarah 10

Foto luar angkasa pertama berhasil ditangkap pada tanggal 24 Oktober 1946. Foto tersebut mengambil gambar bumi dari ketinggian 65 mil dan menggunakan roket V2 sebagai “boncengan”nya. Melalui roket tersebut, kamera 35mm diletakkan dan sukses mengambil detik demi detik roket meluncur ke angkasa bebas.

Sumber: Petapixel
               Jalantikus

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »